Minggu, 07 Oktober 2012

MAKNA IJAB QOBUL

Kita pasti pernah denger, atau membaca atau menyaksikan, atau bahkan mengalami sendiri (bagi yg sudah menikah) yg namanya Ijab Qabul
Dalam bahasa Indonesia biasanya kalimat Ijab Qabul berbunyi spt ini "Saya terima nikahnya si fulana binti fulan dengan Mas Kawinnya ...''
Singkat,padat&jelas. Setiap calon mempelai pasti deg2an dn gugup ketika akan Ijab Qabul. Hrpannya mengucap dg sekali saja,tnpa mengulang
Nah Sahabat sekalian, tahukah kalian makna dari kalimat Ijab Qabul atau bsa jg kita sebut sbg perjanjian/ikrar tersebut?
Makna Ijab Qabul : "Maka aku tanggung dosa-dosanya si fulana dari ayah dan ibunya, dosa apa saja yg telah dia lakukan, dari tidak menutup aurat hingga ia meninggalkan sholat.

Semua yg berhubungan dgn si fulana, aku tanggung dan bukan lagi orang tuanya yang menanggung, serta akan aku tanggung semua dosa calon anak2ku.
Jika aq(suami) berhasil : janji Alloh adalah surga dimana banyak bidadari disana, bidadari yg mana adalah istriku yg shalehah.

Jika suami berhasil : maka Alloh akan mengumpulkan seluruh keluarganya di surga. Dg catatan keluarganya beriman dan shaleh shalehah.
Alloh berfirman dlm Al-Qur'an Surat (At-Tahrim: 6)

"Hai orang-orang yg beriman, peliharalah dirimu & keluargamu dari api neraka yg bahan bakarnya adalah manusia & batu. (At-Tahrim: 6)

Maka dari itu Alloh memerintahkan suami utk menjaga keluarganya. Dan suami bertanggung jawab atas istri dan anak2nya.Jika berhasil:surga
Lalu bagaimana jika aku(suami) GAGAL? Gagal dalam menjalankan kewajiban dan tanggung jawabnya
''Maka aku adalah suami yang fasik, ingkar dan aku rela masuk neraka, aku rela malaikat menyiksaku hingga hancur tubuhku''. (HR. Muslim)

Duhai para istri, Begitu beratnya pengorbanan suamimu terhadapmu, karena saat Ijab terucap,

Saat Ijab terucap, Arsy_Nya berguncang karena beratnya perjanjian yg di buat oleh manusia di depan RABB nya,
dgn di saksikan para malaikat dan manusia, maka andai saja kau menghisap darah dan nanah dari hidung suamimu,

maka itupun belum cukup untuk menebus semua pengorbanan suami terhadapmu,
walaupun dia diam bukan berati dia tak ingin mengingatkanmu,
melainkan dia menangis dengan keadaanmu yg tidak mengerti dengan maksud hatinya,

Dan ini jg merupakan pengingat u/ para suami.. Bahwa kalimat Ijab yang diucapkan, begitu besar pengaruhnya. Bukan hal yang sepele,
Bahwa begitu Ijab telah terucap, seluruh hidupnya istri akan mnjdi tanggung jawab suami. Dan suami WAJIB mengingatkan,membimbing istri.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar